ILO dan APINDO Dorong Penerapan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi UMKM
Hotel Furaya Ruang Akasia, Jl. Jend. Sudirman No.72 - 74, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru
(0761) 8656545

ILO dan APINDO Dorong Penerapan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi UMKM

Super User
Share this

ILO dan APINDO Dorong Penerapan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi UMKM

Menjamin iklim usaha yang kondusif dengan memastikan budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) selama pandemi COVID-19 menjadi faktor penting dalam mengakselerasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang produktif dan tangguh. Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) bersama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) DPP Riau menggelar seminar bertajuk “Sinergitas melalui Penerapan Budaya K3 untuk UMKM”, pada Jumat (26/08) di Hotel Furaya Pekanbaru untuk meningkatkan pemahaman tentang K3 sebagai investasi kelangsungan usaha.

  

Seminar ini diikuti peserta secara langsung dan juga daring dengan menghadirkan narasumber Imron Rosyadi, ST., MH. Kepala Dinas tenaga Kerja Provinsi Riau, Wijatmoko Rah Trisno, SE.,MM. AAAI.J, Ketua Umum APINDO Riau, Dr. Muhammad Audi Muttaqin, Dokter K3, dan Yanis Saputra, Staf Proyek ILO Pencegahan COVID-19.

 

Dr. Muhammad Audi Muttaqin, Dokter K3. Seminar ini bertujuan untuk mendorong penerapan K3 bagi UMKM yang memiliki peran penting bagi perekonomian negara. UMKM masih menghadapi berbagai tantangan salah satu diantarannya yaitu mewujudkan sinergi peningkatan produktivitas sekaligus penerapan K3 di tempat kerja. Penting bagi seluruh sektor usaha, terlebih UMKM untuk menerapkan K3 guna membangun bisnis yang produktif, aman, dan sehat.

 

“Penerapan K3 sangat penting karena jika ada potensi kecelakaan akan meningkatkan biaya bagi pengusaha. Biaya tersebut tentu membebani pengusaha karena di luar perencanaan keuangannya,” kata Wijatmoko Rah Trisno, SE.,MM. AAAI.J, Ketua Umum APINDO Riau. 

Kerja sama APINDO dan ILO mendorong kelangsungan bisnis UMKM dengan edukasi dan bantuan teknis untuk meningkatkan penerapan sistem manajemen K3 yang lebih tangguh. UMKM yang masih kurang memiliki sistem dan rencana aksi untuk perlindungan pekerja, tamu dan usahanya, dapat dengan mudah menilai tempat kerjanya agar lebih aman dan sehat, dan hal-hal yang harus diperbaiki melalui layanan penilaian risiko COVID-19 di tempat kerja. ILO melalui proyek Meningkatkan Pencegahan COVID-19 di dan melalui Tempat Kerja memberikan layanan penilaian risiko penularan COVID-19 di tempat kerja secara gratis untuk perusahaan di Indonesia guna kelangsungan dan ketangguhan usaha di masa pandemi dan krisis kesehatan masyarakat di masa depan.

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) juga merupakan bagian dari prinsip dan hak mendasar di tempat kerja yang telah diputuskan dalam Konferensi Perburuhan Internasional yang ke-110 tahun ini. Hal ini menyatakan bahwa semua negara anggota ILO, termasuk Indonesia, berkomitmen untuk menghormati dan mempromosikan hak dasar atas lingkungan kerja yang aman dan sehat. 

Ditambahkan oleh Yanis Saputra selaku staf proyek Pencegahan COVID-19 ILO, “Melalui layanan ini, UMKM dapat memperkuat budaya K3 di tempat kerja melalui peningkatkan prosedur operasi standar (SoP) yang lebih baik, meningkatkan kegiatan kesadaran kepada pekerja serta meningkatkan prinsip dasar K3 bagi pengusaha.”

Acara ini dihadiri oleh sejumlah 85 anggota APINDO PP Riau yang turut mendaftarkan usaha mereka ke dalam layanan penilaian risiko penularan COVID-19 di www.ilocovidproject.id. Bagi pengusaha yang mendaftarkan usahanya di layanan ini akan diminta untuk mengisi formulir penilaian tempat kerjanya dan survei pekerja. Hasil dari laporan tersebut akan di tindaklanjuti oleh dokter K3 untuk rencana aksi lanjutannya.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Kantor ILO Jakarta

Adelin Alexandra | Communication Project Officer | M. +62 812 9329 3880 | Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

More Related Articles

Super User

AUTHOR:

(0 votes)
Read 977 times

Contact us

Hotel Furaya Ruang Akasia, Jl. Jend. Sudirman No.72 - 74, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru
Phone: (0761) 8656545
FAX: (0761) 8656545
Email: info@apindoriau.or.id