Audiensi, DPP APINDO Riau dan Wagubri Bahas Sejumlah Permasalahan
Hotel Furaya Ruang Akasia, Jl. Jend. Sudirman No.72 - 74, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru
(0761) 8656545

Audiensi, DPP APINDO Riau dan Wagubri Bahas Sejumlah Permasalahan

Super User
Share this

Audiensi, DPP APINDO Riau dan Wagubri Bahas Sejumlah Permasalahan

PEKANBARU" Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Riau menggelar audiensi dengan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Rabu (19/10/2022). Pertemuan dilakukan di Kediaman Wakil Gubernur Riau jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru.

Dalam pertemuan ini, Apindo dipimpin langsung oleh Ketua DPP Apindo Riau Wijatmoko Rah Trisno, Sekretaris Umum Apindo Riau Edi Darmawi, Wakil Ketua DPP APINDO Riau Agus Setiawan dan juga Nila Riana selaku Wakil Bendahara APINDO Riau. Rombongan dari APINDO Riau disambut hangat oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution didampingi Sekretaris Disperindag Provinsi Riau Radinal.

Ketua DPP Apindo Riau Wijatmoko Rah Trisno pada kesempatan tersebut menyampaikan maksud dari pertemuan ini adalah untuk semakin mempererat silaturahim yang selama ini sudah terjalin.

"Hari ini kami dari APINDO Riau datang untuk menjalin silaturahim yang semakin erat dengan Wakil Gubernur Riau. Selama ini hubungan antara APINDO Riau dengan Wakil Gubernur sudah sangat baik, namun tentunya kita ingin terus menjaga agar hubungan itu tetap baik. Maka salah satu caranya adalah dengan bersilaturhim," ujar Ketua DPP Apindo Riau Wijatmoko Rah Trisno, Rabu (19/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Wijatmoko juga melaporkan bahwa APINDO Riau bulan lalu diundang oleh Business Strategy Profesional (BSP) ke Kuala Lumpur, Malaysia. Ada beberapa APINDO yang diundang seperti APINDO Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Jawa Timur dan juga APINDO Riau.

"Ada banyak hal yang kami bahas disana. Salah satunya yang paling menarik adalah komoditi idola Riau yaitu Nenas dan juga ikan patin. Malaysia tertarik dengan ini, apalagi yang nenas. Dan pada kesemoatan tersebut kita juga sempat mengajak Pj Bupati Kampar Kamsol melalui APINDO Kampar untuk menyampaikan terkait hal ini kepada para pengusaha yang di Malaysia. Untuk produksi mereka (pengusaha malaysia) cenderung meminta bahan baku, namun saya ingin mereka investasi saja. Kita nanti bisa buat seperti pengalengan keripik nenas," ungkapnya.

"Selain itu tentu ada banyak produk turunan yang bisa kita buat dari nenas ini. Itu yang nantinya ingin kita ekspor keluar," imbuhnya.

Selain itu, dalam pertemuan dengan pengusaha Malaysia tersebut juga didapat fakta bahwa memang untuk industri kuliner, Indonesia lebih beragam dan lebih enak dari segi rasanya. Namun yang menjadi kendala hanya satu yakni dari Packaging.

 

"Selama inikan kemasan kita yang lemah. Bagaimana kemasan kita itu bisa membuat orang untuk ingin beli produk UMKM kita. Itu yang menjadi kesulitan UMKM dalam memasarkan produknya. Makanya hari ini kita bertemu dengan Bapak Wakil Gubernur untuk sharing dan bersinergi antara Pemprov Riau dan juga APINDO," sebutnya.

Nila Riana selaku Wakil Bendahara APINDO Riau menambahkan terkait apa yang dihadapi UMKM di Riau, dirinya berharap ada dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi.

"Mohon arahan dari Pak Wagub, supaya ada wadah dimana para UMKM ini belajar bagaimana menstandarisasi produk mereka. Kalau ada standarisasi tentu akan semakin baik. Dan standarisasinya itu dari semua ya, mulai packaging, rasa, BPOM dan lain-lain. Semuanya harus ada standarisasinya," harapnya.

Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution pada kesempatan tersebut menyambut baik kedatangan APINDO Riau. Audiensi yang dilakukan hari ini adalah sebagai upaya untuk menjalin kemitraan antara pengusaha dalam hal ini yang tergabung di APINDO dengan Pemerintah Provinsi Riau.

"Dengan pertemuan ini tentu akan banyak hal-hal yang bisa nantinya bisa kita kolaborasikan. Mulai dari soal pengembangan UMKM ataupun hal-hal lainnya. Kuncinya itu adalah komunikasi antara kedua belah pihak," sebutnya.

Disampaikan Wagubri, terkait beberapa permasalahan yang disampaikan oleh APINDO khsususnya di sektor UMKM, dirinya yakin APINDO bisa memetakan dengan baik apa yang harus dilakukan.

"Namun tentu untuk pelaksanaannya nanti tetap berkolaborasi dengan pemerintah. UMKM itu potensi besar untuk diberdayakan, saya yakin dengan kolaborasi maka kita bisa untuk memajukan UMKM ini," terangnya.

Disampaikan Wagub, Riau mempunya potensi yang sangat besar, begitu juga Sumber Daya Manusia (SDM) tidak kalah. "Kalau kita diskusi seperti ini akan banyak gagasan. Kita lihat kedepan gimana, akan ada dampak seperti apa," sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, pada kesempatan tersebut DPP APINDO Riau meminta Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menjadi Ketua dewan penasehat APINDO Riau. Lamaran tersebut diterima oleh Wagubri.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama.

More Related Articles

Super User

AUTHOR:

(0 votes)
Read 1275 times

Contact us

Hotel Furaya Ruang Akasia, Jl. Jend. Sudirman No.72 - 74, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru
Phone: (0761) 8656545
FAX: (0761) 8656545
Email: info@apindoriau.or.id